Selasa, 21 Mei 2013

rpp praktek tentang pemasangan dinding 1 bata


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)



  1. Satuan Pendidikan    : SMK N 2 Payakumbuh
      Program Keahlian       : Teknik Bangunan
      Mata Pelajaran            : Praktek Kerja Batu dan Beton
      Topik                           : Memasang dinding tembok tebal 1 bata
      Judul                           : Memasang dinding tembok tebal 1 bata pada                                                            bentangan
      Kelas/Semester            : X / 1
      Alokasi Waktu            : 1 x 30 menit

  1. Standar Kompetensi
                  Siswa dapat mengetahui cara memasang dinding tembok tebal 1 bata pada bentangan.

  1. Kompetensi Dasar
§  Siswa dapat membuat spesi
§  Siswa dapat memasang bata dengan vertikal dan horizontal

  1. Indikator Pencapaian Kompetensi
§  Siswa dapat membuat adukan spesi 1 : 4 untuk pasangan batu bata
§  Siswa dapat memasang dinding tembok tebal 1 bata dan siar tegak tidak boleh segaris.




  1. Tujuan Pembelajaran
                   Dengan diberikan alat dan bahan selengkapnya / secukupnya, siswa dapat memasang dinding tembok tebal 1 bata pada bentangan dengan lurus, vertical, horizontal, ikatannya benar, rata pada bidang pasangan, siarnya padat.

  1. Materi Pembelajaran
                  Pada umumnya untuk membangun suatu ruangan, pagar, dinding sekat dan sebagainya dipakai bahan batu bata,walaupun untuk saat sekarang banyak juga dipakai batako. Keuntungannya adalah cara pembuatannya yang mudah dan sangat sederhana, sedangkan kerugiannya belum ada standarisasi mutu pada pembuatan batu bata, sehingga untuk ukuran saja mempunyai variasi yang cukup besar, bukan saja karena dari daerah asal yang berbeda bahkan untuk pembuatan dalam satu tempat pemrosesan saja bisa mempunyai ukuran yang berbeda-beda.
                  Dalam penggunaan Water pass , hanya cocok untuk membuat datar maupun tegak dalam jarak pendek saja. Apabila yang diukur mempunyai jarak yang panjang lebih baik bila digunakan selang (pipa ) air untuk mengukur kedataran dan unting-unting untuk mengukur ketegakan .

  1. Metode pembelajaran
            Ceramah, tanya jawab, demonstrasi kerja dan diskusi.

  1. Kegiatan Pembelajaran
            No.
Uraian Kegiatan
Kegiatan
Alokasi Waktu
Media Pembelajaran
Sumber
Guru
Siswa
1.
Pendahuluan
·       Motivasi
Menampilkan media tentang pemasangan dinding tembok tebal 1 bata pada bentangan.
·       Apersepsi
Memberikan komentar terhadap media yang ditampilkan.
·       TIK
Memfokuskan/menekankan materi ke arah memasang dinding tembok tebal 1 bata pada bentangan.


Menampilkan media







Memberikan pertanyaan tentang media yang ditampilkan.

Menjelaskan.


Melihat media yang ditampilkan.






Menjawab pertanyaan.



Mendengarkan.









5 menit










Papan tulis dan gambar kerja.










Gambar Kerja
2.
Kegiatan Inti
·    Menjelaskan cara membuat adukan 1:4 untuk pasangan dinding tembok tebal 1 bata.
·    Menjelaskan cara memasang bata secara vertikal dan horizontal.
·    Mendemonstrasikan teknik memasang dinding tembok 1 bata pada bentangan.





Menjelaskan






Mendengarkan








20 menit







Papan tulis, benda kerja, dan gambar kerja.

3.
Penutup
Ringkasan
Melakukan Evaluasi
Ceramah dan tanya jawab
Mendengarkan dan bertanya apabila ada yang perlu ditanyakan.
5 menit



  1. Sumber Belajar
·        Job sheet
·        Literatur : Pedoman Konstruksi Batu, TEDC BANDUNG.
                        Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral                                   Pendidikan Politeknik Pusat Pengembangan Pendidikan Ahli                             Teknik.


Diketahui/disahkan :                                                 Guru yang bersangkutan,
Kepala Sekolah




(......................................)                                                     Ruri Oktavian
NIP.                                                                                       16297 / 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar